Jumat, 08 September 2017

# Kuliner

Resep Kue Lebaran Nastar

Hasil gambar untuk Resep Kue Lebaran Nastar
Sekarang kami akan berbagi aneka macam resep kue lebaran yang simple, namun soal rasa tidak perlu di ragukan lagi kue-kue ini. Aneka kue kering menjadi sasaran utama ibu rumah tangga untuk di jadikan sebagai sajian utama hari raya. Nah, inilah berikut Resep kue lebarannya. kue nastar ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu selai nanas yang ada di dalamnya. Ada juga yang menggunakan selai bluberi, stroberi dan lain sejenisya. Kue ini berbentuk bulat dan biasanya terdapat topping diatasnya, seperti potongan keju atau kismis. Kata nastar sendiri berasal dari bahasa belanda, yaitu ananas dan tart yang artinya tart nanas. Kue ini merupakan salah satu jenis kue yang paling banyak digemari terutama pada hari-hari raya, seperti Idul Fitri, Natal, serta juga tahun baru Imlek.

Bahan-bahan untuk membuat nastar yaitu :
1. 150 gram margarin
2. 100 gram butter
3. 90 gram gula halus
4. 50 gram susu bubuk
5. 350 gram tepung terigu protein rendah
6. 3 butir kuning telur
7. setengah sendok teh vanili bubuk
8. 1 buah nanas, diblender atau diparut
9. 200 gram gula pasir
10. 2 butir cengkeh
11. 2 batang kayu manis
12. 2 buah kuning telur
13. setengah sendok teh air
14. setengah sendok teh madu

Langkah-langkah membuat Selai Nanas dan Olesan untuk Nastar :
1. masak terlebih dahulu nanas yang sudah diblender atau diparut, kayu manis dan cengkeh sampai air menyusut. lalu masukkan gula pasir, lalu aduk sampai selai menjadi padat dan dapat untuk dibentuk.

2. membentuk selai menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai dengan selera anda. Jangan membentuk selai dengan ukuran yang terlalu besar, karena akan menyebabkan selai keluar dan membuat kulit nastar menjadi retak.

3. Untuk olesannya, masukkan 2 buah kuning telur dan tambahkan 1/2 sendok teh air dan 1/2 sendok madu, lalu aduk sampai tercampur rata.

Lalu, langkah-langkah membuat kulit nastarnya :
1. masukkan margarin, gula halus, butter, dan vanila bubuk ke dalam wadah (mangkok mixer), kemudian kocok memakai mixer sebentar, yang penting adonan tercampur merata. Lalu, lanjutkan dengan memasukkan kuning telur satu per satu.
2. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, kemudian aduk adonan menggunakan sendok kayu/ spatula sampai tercampur rata.
3. Ambil sedikit adonan untuk dibentuk. Untuk sisa adonanya, silakan dibungkus dengan plastik wrap lalu masukkan ke dalam kulkas.
4. Giling adonan dengan ketebalan sekitar 1/2 cm. Sebelum menggiling adonan, memberikan alas plastik di kedua sisi. Cetak bundar dengan gelas berdiameter sekitar 5 cm. lalu ambil satu bagian, isi dengan selai dan bentuk bulat.
5. kemudian tata semua adonan yang sudah diberi selai dan dibentuk bulat tadi di atas loyang yang beralas kertas roti/ kertas minyak. Lalu masukkan juga ke dalam kulkas.
6. Ambil adonan yang belum dibentuk tadi. Kemudian lakukan seperti yang ada pada nomor 5.
7. Jika seluruh adonan sudah dibentuk dan diberi selai, silakan masukkan semuanya ke dalam kulkas dan tunggu hingga setengah jam agar adonan terakhir yang anda buat tadi agak lama berada dalam kulkas.
8. panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius.
9. Keluarkan nastar dari kulkas dan panggang selama kurang lebih 20 menit. 
10. Panggang selama kurang lebih 20 menit, kemudian keluarkan nastar dari oven dan olesi pemukaan nastar. Selanjutnya, masukkan kembali ke dalam oven dan tunggu selama 15 menit sampai warna permukaan nastar kuning kecoklatan.
11. Keluarkan dari oven, lalu dinginkan, dan siap untuk di sajikan di meja tamu anda.

Sekian dari kami semoga resep kue lebaran ini bermanfaat untuk anda ingin membuatnya sendiri tanpa perlu membelinya di pasar ataupun toko.


Tidak ada komentar: