Sabtu, 29 April 2017

# Lifestyle

Mencegah Osteoporosis Dari Usia Sejak Dini, Yuk Simak!

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan kondisi tulang yang lapuk dan keropos. Tulang bisa patah dengan mudah, khususnya tulang-tulang di pinggul, punggung, dan pergelangan tangan. Seiring usia, tulang dengan sendirinya menjadi semakin lemah, tetapi osteoporosis mempercepat proses itu. 

1. Mencegah Osteoporosis: Menkonsumsi Banyak Kalsium

Mencegah Osteoporosis
Kecukupan kalsium adalah satu-satunya yang terpenting untuk memiliki tulang sehat dan mempertahankan kekuatan tulang. Menurut data di Amerika, ANTVLovers banyak orang khususnya para wanita tidak mendapat cukup kalsium dalam makanan sehari-hari. Asupan kalsium harian yang dianjurkan bervariasi tergantung usia dan jenis kelamin.

2. Mencegah Osteoporosis: Pilihlah Sumber Kalsium Dari Makanan

Mencegah Osteoporosis
Kecil kemungkinan Anda mengonsumsi terlalu banyak kalsium jika sumber kalsium harian Anda berasal dari makanan. Kalsium dari makanan juga dapat diserap dengan lebih mudah oleh tubuh.

3. Mencegah Osteoporosis: Konsumsilah Banyak Vit D

Mencegah Osteoporosis
Vitamin D membantu meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium dan dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang. Pria dan wanita di bawah usia 70 tahun harus mendapatkan sedikitnya 600 IU vitamin D setiap hari, dan orang berusia di atas 70 tahun harus meningkatkannya hingga 800 IU per hari.

4. Mencegah Osteoporosis: Perhatikan Asupan Garam

Mencegah Osteoporosis
Konsumsi sodium yang sangat tinggi akan meningkatkan jumlah kalsium yang dilepaskan dalam urine. Usahakan tidak mengonsumsi sodium lebih dari 2.400 mg per hari.

5. Mencegah Osteoporosis: Waspadai Fitat

Mencegah Osteoporosis
Fitat, atau asam fitat, mengganggu kemampuan tubuh menyerap kalsium dari makanan yang Anda konsumsi. Fitat biasanya ditemukan dalam serealia dan polong-polongan, seperti kulit ari gandum dan kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, almon, dan kacang mete. Makanan tersebut sangat bagus untuk Anda, jadi bukan berarti Anda tidak boleh memakannya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar fitat dalam makanan yang Anda konsumsi.

6. Mencegah Osteoporosis: Cukup Kebutuhan Protein

Mencegah Osteoporosis
Banyak orang berusia lanjut yang tidak mendapat cukup protein dalam makanan. Sekitar 50% volume tulang terdiri dari protein. Wanita dewasa harus mengonsumsi sedikitnya 46 gram protein setiap hari, sementara pria dewasa harus mengonsumsi sedikitnya 56 gram setiap hari.

Tidak ada komentar: