Jumat, 06 Oktober 2017

# Kuliner

Resep Kue Pukis yang Simple dan Nikmat


Salah satu kekayaan yang di miliki negara kita ialah kulinernya yang beraneka ragam. Seperti yang kita ketahui, hampir di setiap daerah di indonesia memiliki kekayaan kuliner yang berbeda beda serta unik. Banyak sekali macam resep masakan dan kue yang tersebar dari sabang sampai merauke. Salah satu contoh nya ialah kue pancong, kue lumpur dan kue pukis. resep kue sederhana ini yang memiliki cita rasa manis dan tektur yang cukup lembut memang banyak disukai oleh banyak orang. Ada beberapa macam cara membuat pukis yang ada di sekitar kita, seperti resep kue pukis Banyumas, kue pukis Bangka, kue pukis kentang dan yang lain sebagainya. Namun, hampir semua resep tersebut memiliki bahan baku, resep membuat dan cetakan pukis yang hampir sama. Kali ini, saya akan memberikan resep kue pukis yang simple dan nikmat.

Bahan-bahannya yaitu :
1. Bahan yang diperlukan untuk membuat kue pukis sangatlah sederhana sekali. Bahan utama yang dibutuhkan adalah 150 gram Tepung Terigu yang berkualitas bagus. Gunakanlah tepung yang memiliki kadar protein yang tinggi.
2. gula pasir sebanyak kurang lebih 100 gram.
3. santan sebanyak 180 ml. Gunakan santan dari perasan buah kelapa agar dapaet menghasilkan pukis yang lebih gurih dan legit.
4. ragi instan sekitar sebanyak setengah sendok makan.
5. telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 3 pcs.
6. air hangat. Siapkan sekitar sebanyak 60 ml.
7. hiasan atau topping resep pukis. Anda juga dapat menggunakan coklat butir atau meises, selai strawbery, parutan keju, butiran kacang tanah sangrai atau bahan lain sesuai selera.
8. minyak goreng atau margarin secukupnya di gunakan untuk memasak adonan kue pukis.
9. Cetakan pukis atau memakai cetakan kue lumpur atau apem yang berbentuk setengah bola.



Langkah-langkah pembuatan pukisnya :
1. Siapkan panci berukuran kecil dan masukkan 180 ml santan yang sudah disiapkan. Nyalakan kompor dengan api kecil sedang dan aduk aduk santannya sampai mendidih. Di aduk terus agar santan tidak pecah.
2. Siapkan satu wadah berukuran kecil. Lalu, masukkan ragi dan air yang sudah dipersiapkan. Aduk dan campur kedua bahan tersebut hingga tercampur rata dan airnya berbuih.
3. Ambil satu wadah lagi yang lebih besar. Masukkan 3 butir telur ayam dan campur dengan gula pasir yang sudah dipersiapkan. Aduk dan kocok kedua bahan tersebut hingga merata dan mengembang.
4. Masukkan tepung terigu yang memiliki kandungan protein yang tinggi sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk aduk hingga tercampur rata semua. Proses pengadukan bisa menggunakan spatula. Ulangi hingga semua bahan tepung terigunya habis dan pastikan agar tidak ada gumpalan gumpalan di adonan.
5. Ambil air yang sudah dicampur dengan ragi diatas dan masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit dengan tetap diaduk agar adonan tercampur merata.
6. Masukkan santan ke dalam adonan di atas sedikit demi sedikit dengan tetap diaduk. Ulangi hingga bahan santan habis dan adonan tercampur rata.
7. Diamkan adonan diatas sekitar selama 15-16 menit supaya mengembang.
8. Siapkan cetakan kue pukis atau bisa juga menggunakan cetakan kue yang lain. nyalakan dengan api sedang dan olesi cetakan memakai margarin atau minyak sedikit saja agar tidak lengket.
9. Tuang adonan resep kue pukis ke dalam cetakan, namun jangan sampai penuh.
10. Tunggu sampai adonan sampai agak matang lali taburi dengan hiasan atau topingnya (adonan tidak perlu dibalik).
11. Angkat setelah matang dan pinggiran dari cetakan itu kering.

Nah, itulah resep kue pukis yang simple dan nikmat. Semoga resep ini bermanffat untuk anda yang ingin mencobanya.

Tidak ada komentar: