Jumat, 22 September 2017

# Kuliner

RESEP KUE NASTAR YANG LEMBUT

Hasil gambar untuk RESEP KUE NASTAR YANG LEMBUT
Salah satu hidangan kue kering yang khas pada saat hari raya Idul Fitri adalah kue nastar. Kue dengan bentuk dan isiannya yang khas ini memang hampir  ditemukan di setiap atas meja di hari Lebaran tiba. Tetapi bukan berarti anda tidak dapat menikmati kue ini di hari lainnya. 
Bagi orang Sunda ataupun jawa barat kue nastar yang bulat dan diisi dengan selai nanas dan juga sering dihiasi dengan potongan keju atau kismis ataupun cengkeh diatas nya di kenal dengan nama Ganas Jeung Terigu atau nanas dan terigu. Sesuai dengan namanya kue yang satu ini memang menggunakan terigu dan juga nanas sebagai isiannya. Ternyata selain merupakan salah satu hidangan wajib saat Lebaran  kue yang satu ini juga banyak ditemukan pada hari- hari besar lain nya seperti pada hari raya Imlek. Bagi orang Tionghoa yang merayakan Imlek kue nastar adalah kue yang bermakna simbol dari kemakmuran. Oleh sebab itu kue ini juga wajib ada pada setiap hari raya Imlek.oleh sebab itu saya akan mencoba membagikan resep pembuatan kue nastar simak berikut ini :


Bahan pembuatan kue nastar : 

200 gram margarine, cairkan kemudian sisihkan
50 gram keju, parut kemudian sisihkan
3 butir kuning telur
1 butir kuning telur dikocok, sebagai olesan
30 gram tepung maizena atau sekitar 1 sendok makan saja, campurkan dengan tepung terigu
1 sendok makan susu bubuk
Keju parutan secukupnya, sebagai taburan diatas kue nastar
50 gram gula pasir halus
250 gram tepung terigu

Bahan pembuatan selai nanas

Anda dapat memilih untuk menggunakan selai nanas siap pakai, namun untuk menjamin rasa, dan juga kesehatan dan kehigienisannya.  Anda dapat membuat  selai nanas Anda sendiri dan berikut ini adalah Bahan-bahan yang Anda butuhkan yaitu :

1 buah nanas, kupas dan bersihkan kemudian diparut

Gula pasir sekitar 200 gram atau sesuai dengan selera

Vanili secukupnya

Kayu manis sekitar 3 cm atau bisa juga menggunakan kayu manis bubuk

Cengkih 5 butir
Penggunaan cengkih dan juga kayu manis dapat memberikan aroma wangi rempah yang membuat nya lebih sedap. Tetapi bila anda tidak suka dengan kayu manis ataupun cengkih anda dapat menggantinya dengan rempah – rempah lain nya 

Cara pembuatan kue nastar

pertama adalah menyiapkan selainya terlebih dahulu.  Nanas bisa anda masak diatas wajan bersama dengan gula pasir, vanili, kayu manis dan juga cengkih. Adonan nanas ini dimasak dengan api kecil dan diaduk terus menerus sampai adonan mengering dan juga tidak lengket. Setelah selainya jadi, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Anda juga harus menyiapkan wadah, lalu masukkan telur, gula pasir dan  juga margarin cair. Aduk ketiga bahan tersebut hingga rata dan  juga mengembang

Masukkan keju parut, aduk hingga tercampur dengan rata

Tambahkan campuran tepung terigu dan juga tepung maizena ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sampai dengan tercampur rata dan juga tidak lengket lagi. Sebaiknya anda tidak mengaduk adonan terlalu lama, agar adonan tidak menjadi keras nantinya.

Ambil sedikit saja adonan kemudian pipihkan dan isi dengan selai nanas. Setelah itu bulatkan adonan tersebut hingga selai nanas berada didalamnya.

Lakukan hal tersebut hingga adonan habis, kemudian anda harus mengatur  bulatan adonan tadi diatas loyang yang panggangan yang sebelumnya sudah harus diolesi margarine, agar tidak lengket nantinya.

Jangan lupa untuk mengoles permukaan kue dengan menggunakan kuning telur dan juga  taburi dengan parutan keju ataupun cengkeh.

Setelah itu masukkan ke dalam loyang yang nantinya akan anda masukkan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat cc  dan tunggu hingga matang yang membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 15 menit atau hingga kue matang berwarna kuning kecoklatan.

Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam toples

Kue Nastar yang anda buat sudah siap untuk anda nikmati bersama keluarga.

Resep kue nastar tadi cukup mudah dan cukup sederhana untuk dipraktek kan. Anda bisa menambahkan hiasan kismis atau potongan cengkeh diatasnya atau sesuai dengan selera anda.kue nastar sendiri cocok untuk dikonsumsi saat anda berlibur ataupun sedang dalam perjalanan menggunakan mobil fortuner kesayangan anda. Itulah tips singkat dari saya semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar: