Jumat, 16 Juni 2017

# Kuliner

Resep dan juga tata cara pembuatan kue mangkok

 Hasil gambar untuk Resep dan juga tata cara pembuatan kue mangkok
Kue Mangkok atau cake mangkuk ini adalah kue tradisional yang sering kita jumpai saat ada acara- acara tertentu seperti hajatan atau pun acara adat misalnya khitanan, nikahan, atau pun saat hari raya lebaran idul fitri. Dan untuk cara pembuatan nya sendiri pun kue ini tergolong gampang .
Selain itu kue mangkok ini adalah kue yang termasuk kue basah yang mempunyai cita rasa yang manis kue ini sendiri mempunyai berbagai macam warna tetapi yang paling populer adalah warna merah muda,  atau pun warna pink. Kue mangkok sendiri juga menjadi kue khas dari kota medan, tetapi jangan kuatir kue ini juga bisa anda jumpai di pingir jalan ataupun di acara- acara tertentu.
Kue mangkok sendiri biasanya di buat dengan bantuan loyang atau cetakan dan biasanya loyang kue yang di gunakan adalah loyang yang terbuat dari keramik. Dan yang paling penting adalah memastikan loyang di kukus sebentar agar tidak lengket. Berikut ini kami akan membagiakn bahan-bahan yang di perlukan dan juga tata cara pembuatannya selengkapnya berikut ini :


Bahan – Bahan  :
1. 1 per 4 sdt vanili yang cair
2. 1 sdt ragi instan
3. 2 lembar segar daun pandan
4. 2 sdm tepung terigu
5. 21/2 gelas santan kelapa cair
6. 250 gram gula jawa
7. 250 gram tepung beras biasa
8. 450 cc air
9. 5 lembar segar daun jeruk
10. 50 gram gula pasir biasa
11. Garam seperlunya

Bahan  pelengkap kukus
1. 100 gram parutan kelapa
2. Garam secukupnya
3. 1 lembar daun pandan segar

Tata Cara Pembuatan Kue Mangkok atau cake mangkuk gula jawa
1. Yang harus anda lakukan adalah menyiapkan loyang yang akan di gunakan untuk mengukus kue mangkuk, untuk bagian bawahnya kami menganjurkan anda untuk mengalasinya dengan kertas roti ataupun mangkuk kertas.
2. Selesai mengalasi dengan kertas roti anda bisa mencampurnya menggunakan gula merah, air, gula pasir, pandan dan juga daun jeruk selesai mencampur semuanya anda bisa merebusnya sampai mengeluarkan aroma segar daun pandan dan wanginya jeruk dan yang paling penting adalah gula jawanya sudah harus larut, selesai melakukan semuanya anda bisa mengangkat dan menyaring dan tunggu sampai air nya menjadi dingin.
3. Sekarang anda harus membuat  campuran  bahan – bahannya silahkan anda mengambil tepung beras, sagu, dan juga ragi instan lalu campurkan dengan air rebusan dari gula tadi, tapi perlu di ingat harus secara perlahan – perlahan dan sedikit demi sedikit sambil terus mangaduk – aduk adonan kue sampai tercampur  rata.
4. Kalau sudah silahkan masukkan cairan vanili, sedikit garam dan juga santan kelapa cair secara perlahan – lahan jangan sampai lupa untuk terus mengaduk – aduk sampai lebih kurang sekitar 20 menit atau pun hingga semua nya tercampur dengan rata setelah semua sudah tercampur dengan rata saat nya kini anda mendiamkan adonan dulu kurang lebih sekitar 3 jam.
5. Kalau sudah siap silahkan adonan tadi di tuangkan ke dalam loyang cetakan sampai penuh lakukan ini sampai dengan adonan habis.
6. Kemudian silahkan mengukus adonan selama 20 menit dengan menggunkan api kompor yang besar, setelah itu anda bisa mengangkat adonan dan mendinginkannya terlebih dahulu. Setelah dingin anda jangan lupa untuk menambahkan taburan parutan kelapa yang anda beli menggunakan toyota sienta tadi di atasnya.


Sedikan Resep dan juga tata cara pembuatan kue mangkok yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat untuk anda semua selamat mencoba!!!

Tidak ada komentar: