Jumat, 26 Mei 2017

# Kuliner

Resep Pembuatan Kue Apem Kukus Dan Kue Apem Selong

Kue apem adalah salah satu jenis kue jajanan pasar yang termasuk dalam golongan kue tradisional asli dari Indonesia. Kue ini memiliki rasa manis yang pas juga banyak digemari oleh semua orang terutama orang jawa. Kue apem terbuat dari campuran tepung beras, tape ketan atau ragi instant dan gula juga bahan pelengkap lainnya. Kue ini biasanya dibuat dengan cara dikukus dengan langseng yang sudah berisi air penas atau air mendidih. Untuk proses pembuatan kue basah ini memang memerlukan waktu yang cukup lama karena setelah pembuatan adonan kue ini tidak langsung dikukus tetapi didiamkan terlebih dahulu sampai mengembang. Setelah itu baru adonan siap kukus. Berikut ini kami akan membagikan resep pembuatan kue apem kukus dan juga kue apem selong simak berikut ini :

 Apem Kukus
 Hasil gambar untuk Resep Pembuatan Kue Apem Kukus

Bahan – Bahan :
o 300 ml air hangat
o 200 gram gula pasir
o 60 gram tepung kanji
o 300 gram tepung beras
o 250 ml santan kelapa kental
o 1/2 sendok teh garam
o 1 sendok teh ragi instant
o Pewarna makanan sesuai dengan selera anda tetapi secukupnya saja





Cara Pembuatan :

o Pertama – tama anda harus melarutkan ragi instan dalam 5 sendok makan air hangat lalu sisihkan sebentar.
o Kemudian rebus gula pasir dengan menggunakan santan sampai mendidih dan juga sampai gula menjadi larut sambil diaduk-aduk lalu diamkan sampai dingin
o Lalu campurkan tepung beras, tepung kanji, ragi yang sudah dilarutkan dan air hangat dalam satu wadah
o Selanjutnya adalah anda harus uleni bahan yang sudah dicampur sampai kalis kira-kira selama sekitar 10-15 menit
o Lalu masukkan santan ke dalam adonan yang sudah kalis sambil diaduk-aduk sampai merata lalu diamkan adonan selama  kurang lebih1 jam
o Bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian beri beberapa tetes pewarna makanan sesuai selera anda lalu aduk sampai tercampur rata.
o Masukkan adonan ke dalam cetakan lalu kukus dalam langseng kira-kira selama 25 menit atau sampai terlihat matang dan empuk.
o Angkat kue apem yang sudah matang dan keluarkan dari cetakan
o Kue Apem Siap untuk anda konsumsi

Kue Apem Selong
Hasil gambar untuk Resep Pembuatan Kue Apem Selong

Bahan – Bahan :

o 250 gram tepung beras
o 1 sendok makan tepung terigu
o 1 sendok makan gula pasir
o 50 ml air
o 1 butir telur
o 5 gram ragi instan
o 125 gram gula pasir
o 500 ml santan dari 200 ml santan kara.

Cara Pembuatan :

o Campur tepung terigu, 1 sdm gula pasir, ragi dan air lalu aduk rata lalu sisihkan dan diamkan sekitar 5 menit untuk adonan biang.
o Campur gula pasir, tepung beras, dan telur serta adonan biang dan sedikit santan. lalu uleni dengan tangan supaya rata dan gula menjadi larut kemudian tuang sisa santan aduk aduk sampai  rata kemudian diamkan adonan selama kurang lebih satu jam.
o Lalu panaskan wajan cekung anti lengket di atas api kecil kemudian tuang 1 sendok sayur adonan dan langsung tekan adonan dengan sendok sayur tersebut sambil sedikit digoyang memutar sebelum adonan mulai mengental  supaya pinggiran kuenya bisa lebih rata agar lebar dan tebal sebaiknya jangan ragu untuk menekannya.
o Tutup wajan dan masak hingga matang sekitar 4 menitan, buka tutup dan angkat.
o Lengkapi penyajiannya dengan aneka topping, seperti kombinasi keju parut, susu kental manis, coklat meses, rasa strawberry, blueberry, coklat dan lainnya untuk menambah kelezatannya,dan dipandang saja sudah menarik banget

Itulah resep pembuatan kue apem kukus dan kue apem selong yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar: