Jumat, 17 Februari 2017

# Travelling

Referensi Tempat Wisata Jawa Timur




Provinsi Jawa Timur sering dijadikan lokasi berlibur, terutama di Kota Jember dan Kota Mojokerto. Kota- kota tersebut memiliki banyak sekali tempat wisata yang terkenal. Jika kalian ingin pergi ketempat-tempat wisata ini, kalian bisa menggunakan Mobil Toyota Rush karena mobil ini jago untuk melewati tanjakan dan berbagai jalan yang tak bisa dilewati mobil perkotaan dengan mulus. Berikut beberapa referensi tempat wisata jawa timur.
1.      Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)
Tempat wisata Jember yang cukup terkenal adalah Papuma. Papuma terletak di  Kecamatan Wuluhan, Jember. Searah dengan objek wisata pantai Watu Ulo (Batu Ulo). Pantai ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pasir pantainya yang putih dan bersih membuat keindahan pantai ini menjadi daya tarik untuk wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia datang berlibur ke sini. Di beberapa tempat terdapat batu karang yang masih utuh ditemani beberapa bongkah batu karang bulat pipih terukir ombak, membentuk pantai batu putih. Di kejauhan sebelah barat terdapat beberapa batu-batu besar dan kecil selalu menampilkan semburat air laut yang menerjangnya. Ekosistem pantai menawan akan membuat wisatawan kerasan berlama-lama menikmati pemandangan.

2.      Air Terjun Tancak
Tempat wisata Jember berikutnya adalah Air Terjun Tancak. Air terjun ini sering sekali dikunjungi wisatawan. Air terjun ini terletak di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Propinsi Jawa Timur. Dari pusat kota, Anda hanya perlu 30 menit untuk bisa sampai di tempat ini. Untuk bisa sampai ke air terjun Anda harus jalan kaki kira-kira 3 km dari Desa Suci.  Suasana yang hijau di sekitar air terjun membuat kunjungan akan semakin mengasyikkan, melewati jalan setapak kurang lebih 4 Km. Air Terjun Tancak memiliki panorama yang sangat indah dan berada di lereng Gunung Pasang yang dikelilingi oleh hamparan perkebunan kopi yang luas. Air terjun ini memiliki ketinggian 82 m dengan debit air 150 meter kubik perdetik. Selama perjalanan ini  akan disuguhi pemandangan Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang beserta pemetik kopinya, dilatarbelakangi dengan gunung pasang.

3.      Air Terjun Lereng Raung
Air Terjun Lereng Raung merupakan salah satu tempat wisata Jember yang banyak diminati. Air terjun ini terletak di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Di air terjun ini kalian akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, tebing tebing dari lereng gunung raung serta 7 air terjun yang menawan. Kondisi alam yang masih alami di lereng Gunung Raung membuat air terjun ini masih terjaga keasriannya, di lereng raung banyak terdapat tumbuhan dan satwa yang masih terjaga, tebing-tebingnya ditumbuhi paku dan lumut yang memiliki banyak jenis. Sehingga menambah kekayaan alam di lereng raung ini. Air Terjun Lereng Raung atau yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Rowosari terdiri dari tiga tingkatan yang masing-masing berketinggian 25 m. Nama air terjun ini berasal dari nama sumber air terjun berasal yaitu Gunung Raung.  


4.      Perkebunan Teh Gunung Gambir
Tempat wisata Jember yang tak kalah adalah Perkebunan Teh Gunung Gambir. Lokasi agrowisata ini terletak 48 Km barat laut dari kota Jember, tepatnya di desa Gelang, kecamatan Sumber baru berada di lereng pegunungan Argopuro dengan ketinggian 900 Mdpl. Perkebunan teh ini merupakan penghasil teh yang cukup potensial. Di sini pengunjung bisa menyaksikan para pemetik teh bekerja dan melihat bagaimana proses pembuatan teh hingga siap minum. Selain itu disediakan juga fasilitas seperti lapangan tenis, kolam renang, taman bermain dan masih banyak lagi untuk mendukung liburan yang menyenangkan bagi para pengunjung.

5.      Air Terjun Coban Canggu
Air Terjun Coban Canggu merupakan salah satu tempat wisata Mojokerto yang banyak dikunjungi. Air Terjun Coba Canggu terletak tidak jauh dari lokasi wisata Pemandian Air Panas Pacet, tepatnya lokasi Air Terjun Coban Canggu berada di daerah Padusan Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini mempunyai ketinggian 70 meter, selain itu berada pada lereng gunung welirang dan berada pada ketinggian 800 mdpl membuat suasana menjadi sangat sejuk. Selain itu dibawahnya juga terdapat seperti kolam air penampungan dari air yang dijatuhkan coban canggu. Selain air terjun tersebut juga ada wisata lainnya yaitu pemandian air panas padusan.
Untuk fasilitas yang ada di tempat wisata ini bisa dibilang sangat komplit, mulai dari warung, toilet, vila yang tak jauh dari tempat air terjun ini.

6.      Gunung Penanggungan

Tempat wisata Mojokerto yang tak kalah indah adalah Gunung Penanggungan. Posisinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur). Kalian bisa mendaki ke puncaknya yang terletak di ketinggian 1.653 mdpl dan menyaksikan keindahan alam kota ini dari sana. Menariknya area di sekitar gunung ini menyimpan situs sejarah bernilai tinggi. Hampir di seluruh lerengnya terdapat berbagai peninggalan purbakala, baik candi, pertapaan, maupun petirtaan dari periode Hindu-Buddha di Jawa Timur. Bagi kalian yang ingin mendaki ke puncaknya tersedia 2 jalur pendakian, pertama melalui Desa Tamiajeng di wilayah Trawas, atau yang kedua bisa melakukan pendakian dengan start Mojosari.

Tidak ada komentar: