Jumat, 27 Oktober 2017

# Kuliner

Resep Kue Sus Isi Saus Vla Vanilla


Kue satu ini merupakan salah satu makanan yang banyak di gemari oleh banyak orang. Hal tersebut dapat di lihat dari para penjual kue yang ada di pinggir jalan. Bahkan kue satu ini juga dapat kita temui dengan mudah di mall maupun pusat perbelanjaan modern. Memang jika dibandingkan dengan kue tradisional yang lain, harga kue satu ini memang cukup mahal. Namun, cara membuat kue sus ini bisa dibilang cukup mudah serta bahan yang diperlukannya pun sangat sederhana. Nah, daripada penasaran ingin tahu bahannya, berikut resep kue sus isi saus vla vanillanya.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu :
tepung terigu. Pastikan tepung yang digunakan dalam keadaan baru dan sudah diayak terlebih dahulu hingga halus.
Gula pasir kualitas bagus sebanyak 1 sendok makan.
Telur ayam sebanyak 4 pcs.
Margarin yang berkualitas bagus sebanyak 125 gram. Gunakan margarin yang bagus agar rasanya nanti lebih enak serta gurih.
Air bersih atau air matang sebanyak 0.2 liter.
Garam dapur yang memiliki kandungan yodium secukupnya (sesuai selera).
Bahan bahan untuk membuat saus vla yaitu:
Tepung maizena secukupnya atau sebanyak 5 gram agar teksturnya lebih kental.
2 butir Telur ayam yang di perlukan kuning telurnya saja.
Gula pasir sebanyak 80 gram.
Perasa vanila atau pasta rasa vanila secukupnya.
Susu sapi cair. Agar lebih enak sausnya sebanyak 0.5 liter. Jika tidak ada, bisa di ganti dengan susu bubuk yang sudah di cairkan sebelumnya atau susu kental manis.


Langkah-langkah pembuatan kue susnya yaitu:
1. membuat adonan untuk kue sus nya terlebih dahulu.
2. Siapkan oven, lalu panaskan sampai mencapai suhu sekitar 200 derajat.
3. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang kuenya dan diolesi dan dilapis permukaannya terlebih dahulu dengan mentega agar adonan tidak lengket. Bisa juga di tambah dengan taburan sedikit dari tepung.
4. Sambil menunggu oven panas, kita siapkan adonanannya terlebih dahulu.
5. Siapkan panci dan tuang air yang sudah dipersiapkan bersama dengan gula pasir, mentega serta garam dapurnya. Masak dan aduk agar semua bahan tercampur rata hingga medidih.
6. Tuang tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata dan adonan kalis lalu matikan.
7. Tuang adonan diatas ke dalam wadah lain dan tunggu hingga adonan dingin.
8. Setelah adonan kue sus nya sudah dingin, masukkan telur ayam nya sambil dikocok satu persatu hingga habis dan adonan tercampur merata.
9. Siapkan plastik segitiga dan spuitnya (ukuran spuit silahkan anda disesuaikan dengan model dan besar kecilnya kue yang ingin dibuat).
10. Masukkan adonan kue diatas ke dalam plastik segitiga dengan ujung spuitnya lalu bentuk diatas loyang yang sudah diolesi dengan margarin sebelumnya. Ulangi hingga adonannya habis.
11. Masukkan loyang kedalam oven yang sudah panas dan masak sekitar 30 menit sampai 40 menit hingga matang dan berwarna agak kecoklatan lalu angkat dan dinginkan.

Untuk langkah-langkah pembuatan saus vlanya yaitu :
1. Ambil wadah mangkuk kemudian tuang 200 ml susu cairnya.
2. Tuang tepung maizenanya sedikit demi sedikit dengan diaduk aduk agar tercampur merata.
3. Kocok telur ayamnya lalu masukkan dan aduk aduk hingga tercampur merata dengan adonan tepung di atas.
4. Siapkan panci lalu tuang sisa susu cairnya bersamaan dengan gula pasir, perasa atau pasta vanila serta masak dengan di aduk hingga mendidih.
5. Setelah mendidih, tuang campuran susu dan tepung maizena ke dalam panci lalu aduk aduk kembali agar tercampur merata hingga mendidih lalu sisihkan dan dinginkan.
6. belah kue soes yang sudah matang, namun jangan sampai putus.
7. Masukkan saus vlanya ke dalam plastik spuit lalu tuang dan semprotkan ke kue yang sudah dibelah sebelumnya. Ulangi hingga habis. Siap untuk di sajikan.

Nah,itulah resep kue sus di isi dengan saus vla vanillanya. Semoga resep ini dapat membantu anda sebagai panduan untuk membuat kue sus di rumah.

Tidak ada komentar: